Rabu, 03 Juni 2009

PROFILE

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) YAA BUNAYYA
KOTA PEKALONGAN


Para ahli perkembangan anak berpendapat bahwa masa usia dini (0-6 Tahun) merupakan masa emas (golden Age) dimana masa ini paling potensial untuk memberikan stimulus dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasannya. Perkembangan kecerdasan intelektual anak terjadi sangat pesat pada tahun awal kehidupan anak. Pada bayi yang baru lahir memproduksi bermilyar-milyar sel-sel otak, apabila dirangsang dengan pelayanan dan pendidikan yang baik maka sel-sel tersebut akan berkembang akan tetapi apabila tidak dirangsang sel-sel akan menyusut bahkan mati. Kecerdasan anak terbentuk 50 % di usia 0-4 tahun, 30% diusia 4-8 tahun dan 20% di usia 8-18 tahun. 4 (empat) tahun pertama merupakan kurun waktu yang sangat peka terhadap kaya miskinnya lingkungan dan stimulasi, perkembangan dimasa dini cenderung permanen yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya.
Sesungguhnya anak yang kuat jiwanya adalah mereka yang yakin kepada janji Tuhannya. Tunjukkan keteladanan kepada mereka, ajarkan keinginan untuk berbuat bagi agama Allah. Bangkitkan pada diri mereka tujuan hidup yang sangat kuat. Jika dua perkara ini ada pada mereka, insya Allah mereka akan tumbuh sebagai orang yang penuh semangat. Kecerdasan mereka akan melejit, berkembang pesat, dan bakatnya akan tumbuh dengan baik. Kepekaannya untuk merasakan, menghayati, dan memahami tujuan hidup di atas pijakan keyakinan terhadap Tuhannya akan semakin kuat. Tanamkan juga pada diri mereka kesadaran untuk belajar dan berpikir apa yang bisa dan sebaiknya dikerjakan bagi umat ini, sehingga membuat kepekaannya terhadap tanggung jawab tumbuh, potensinya terasah dan kreativitasnya berkembang. Insya Allah

VISI DAN MISI
VISI :
Menyiapkan Generasi Qur’ani yang Kuat, Hebat dan Pemberani

MISI :
Menyelenggarakan pendidikan anak usia dini [PAUD] yang Integral dalam aspek dasar agama dan iptek secara Ilahiyah, ilmiah dan alamiah


PROGRAM LAYANAN PENDIDIKAN
  • TAMAN PENGASUHAN ANAK (TPA)
  • KELOMPOK BERMAIN (KB)
  • TAMAN KANAK-KANAK (TK)


WAKTU LAYANAN
Taman Pengasuhan Anak (TPA)
Usia Layanan : 3 bulan – 6 tahun
Waktu Layanan : Senin - Sabtu
Halfday care: 07.00-14.00 WIB
Fullday care : 07.00- 15.30 WIB

Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak (PAUD)
Usia Layanan : 2 tahun – 6 tahun
Waktu Layanan : Senin – Sabtu
07.30 – 11.00 WIB


KEGIATAN HARIAN TAMAN PENGASUHAN ANAK
  • Penyambutan
  • Happening Art
  • Doa dan Muroja'ah
  • Kegiatan Bermain dan belajar
  • Istirahat/makan snack
  • Kegiatan Circle Time
  • Makan siang
  • Shalat
  • Reading Book story
  • Tidur Siang
  • Bersih Diri
  • Persiapan pulang
KEGIATAN HARIAN KELOMPOK BERMAIN
DAN TAMAN KANAK-KANAK (PAUD)
  • · Penyambutan
  • · Jurnal
  • · Pengenalan BTQ
  • · Pengenalan CALISTUNG
  • · Happening Art
  • · Muroja'ah Hadits
  • · Do'a dan Surat-Surat Pendek
  • · Kegaiatan Pagi
  • · Kegiatan Sentra
  • · Reading Book Story.
  • · Persiapan pulang

KEGIATAN PENUNJANG
  • · Kunjungan Pembelajaran Tematik
  • · Eksplorasi Air (renang)
  • · Makan Sehat
  • · Out Bound
  • · Rekreasi
  • · Karya Wisata
  • · Field Trip
  • · Tahfidzul Qur’an & Hadits
  • · Olah Raga
  • · Pengembangan Iptek
  • · Pengembanngan Seni (Art & Craft)
  • · Life Skill
  • · Mental Aritmatika
  • · Pengenalan Bahasa (Arab, Inggris, Indonesia)
  • · Manasik Haji
  • · Mendongeng
  • · Bakti Sosial
  • · Silaturrahim
  • · Pemeriksaan Kesehatan Gigi Dan Umum
  • · Manasik Haji
  • · Pekan Lomba
  • · Pondok Ramadhan
  • · Bakti Sosial
  • · Out Door Activity
  • · Mendongeng
  • · Menari
  • · Aritmatika
  • · Drama
  • · Anugrah Bintang Prestasi
  • · Jambore Anak Shaleh
  • · Kajian dan Konsultasi Psikologi anak
  • · Kajian Islam
  • · Parenting

HAFALAN HADITS AKHLAK
  • · Hadits kasih sayang
  • · Hadits dilarang marah
  • · Hadits persaudaraan
  • · Hadits tersenyum
  • · Hadits kebersihan
  • · Hadits menuntut ilmu
  • · Hadits kebaikan
  • · Hadits menutup aurat
  • · Hadits surga dibawah telapak kaki ibu
  • · Hadits malu
  • · Hadits niat
  • · Hadits adab makan
  • · Hadits keutamaan salam
  • · Hadits shalat tiang agama
  • · Hadits larangan mencela
  • · Hadits agama itu nasehat
  • · Hadits larangan manakut-nakuti
  • · Hadits menunjukkan kebaikan
  • · Hadits memberi hadiah
  • · Hadits silaturaahim
  • · Hadits mahir membaca al Qur’an
  • · Hadits menghormati tamu
  • · Hadits menyayangi yang kecil
  • · Hadits bekerja harus rapi
  • · Hadits taubat
  • · Hadits Islam itu tinggi
  • · Hadits kewajiban menjaga lisan
  • · Hadits tentang puasa

HAFALAN AL QUR’AN SURAT PENDEK
  • · Al Fathihah
  • · An Naas
  • · Al Falaq
  • · Al Ikhlas
  • · Al Lahab
  • · An Nashr
  • · Al Kafirun
  • · Al Kautsar
  • · Al Ma’un
  • · Al Quraisy
  • · Al Fiil
  • · Al Humazah
  • · Al ‘Ashr
  • · At Takatsur
  • · Al Qori’ah
  • · Al ‘Adiyat
  • · Al Yalyalah
  • · Al Bayinah
  • · Al Qadr
  • · Al ‘Alaq
  • · At Tiin
  • · Al Insyirah
  • · Ad Dhuha
  • · dan seterusnya (Juz 30)
  • · Luqman : 17 – 18
  • · Ayat Kursi

HAFALAN DO’A, BACAAN SHOLAT DAN ASMAUL HUSNA
  • · Do’a kedua orang tua
  • · Do’a sebelum makan
  • · Do’a sesudah makan
  • · Do’a sebelum belajar
  • · Do’a sebelum tidur
  • · Do’a bangun tidur
  • · Do’a masuk rumah
  • · Do’a keluar rumah
  • · Do’a masuk WC/kamar mandi
  • · Do’a keluar WC/kamar mandi
  • · Do’a bercermin
  • · Do’a memakai pakaian
  • · Do’a melepas pakaian
  • · Do’a kebaikan dunia akhirat
  • · Do’a berkendaraan
  • · Do’a keluar masjid
  • · Do’a mohon kecerdasan
  • · Do’a berbuka puasa
  • · Do’a sesudah wudlu
  • · Do’a penutup majlis
  • · Do’a sesudah adzan
  • · Do’a turun hujan
  • · Do’a mendengar petir
  • · Do’a menjenguk orang sakit
  • · Bacaan takbir
  • · Bacaan tahmid
  • · Bacaan tasbih
  • · Bacaan iftitah
  • · Bacaan ta’awudz
  • · Bacaan I’tidal
  • · Bacaan sujud
  • · Bacaan duduk diantara dua sujud
  • · Bacaan tahiyat/tasyahud
  • · Bacaan shalawat
  • · Asmaul Husna

KETENAGAAN
Guru adalah salah satu sumber belajar yang merupakan salah satu kunci untuk mentrasfer nilai-nilai keteladanan, baik itu ilmu pengetahuan, akhlak yang baik, permainan edukatif, dan lain-lainnya sebagai langkah memberikan rangsangan-rangsangan intelektual spiritual yang dibutuhkan bagi perkembangan anak.
Guru/tenaga pendidiknya adalah sarjana (S1) lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta, Diploma Dua (D2) jurusan Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK) atau lulusan SMA yang telah memiliki pengalaman di dunia pendidikan sebagai pengajar/instruktur dan mempunyai komitmen dalam pendidikan anak dini usia serta sesuai jurusan/program studinya (pengajaran/pendidikan).


SISTEM PEMBELAJARAN
1. Program Pembelajaran
Program pembelajaran PAUD Yaa Bunayya adalah pengembangan aqidah dan keilmuan dengan sistem active learning & multiple intelegence (kecerdasan majemuk).

2. Sistem Pendidikan
Untuk mencapai hasil yang optimal, maka disusunlah sistem pendidikan yang akan diterapkan terhadap siswa, antara lain: keteladanan, sistem belajar siswa aktif (SBSA), Reward dan punishment (penghargaan dan teguran). Penekanan proses belajar di PAUD Yaa Bunayya Kota Pekalongan adalah pembentukan sikap sopan santun dan kemandirian anak melalui keteladanan dan praktek langsung

3. Metode Belajar Mengajar
Metode belajar mengajarnya, yaitu metode bermain (bermain bebas, bermain imajinatif, bermain konstruktif, bermain bersistem), Metode klasikal, metode hafalan, metode latihan, metode rekreasi.

Menciptakan lingkungan belajar dimana anak bisa bermain, belajar dan menjelajahi (eksplorasi) merupakan tantangan besar bagi guru pra sekolah. Sentra belajar bisa memberikan berbagai variasi dan perangsangan yang dibutuhkan anak pada aspek bahasa, matematika, sains, seni, musik, drama dan ketrampilan motorik halus & kasar.
Organisasi dan pengaturan kelas memiliki dampak yang sangat kuat pada anak, tingkah lakunya dan belajarnya. Anak belajar melalui interaksi dengan lingkungan, jadi materi dan alat yang disediakan guru memegang peranan penting.

Apa itu sentra belajar?
Sentra belajar merupakan cara pengaturan kelas yang paling alamiah dan mendorong tumbuh belajar aktif. Sentra memungkinkan bagi anak untuk berinteraksi dengan materi atau alat peraga yang telah disediakan dan juga dengan teman-teman. Keberagaman materi di setiap sentra memberikan kesempatan bagi aanak untuk bekerja sesuai dengan tahap perkembangannya, dengan gaya belajarnya dan keunikan anak sehingga semua anak dapat sukses di semua sentra. Sentra belajar juga memberikan beberapa manfaat:
  • Anak akan mengembangkan ketrampilan sosial saat berinteraksi dalam bentuk kerjasama dengan anak lain, berbagai materi dan saling mengajar.
  • Sentra mendorong terjadinya komunikasi karena anak bisa bicara dan mengekspresikan diri secara verbal dengan bahasa.
  • Anak bisa bergerak dan aktif, sehingga diharapkan akan terjadi sedikit masalah disiplin dan pelanggaran peraturan.
  • Sentra belajar melibatkan penggunaan lebih dari satu indera.
  • Sentra mendorong anak belajar sesuai dengan kecendrungan belajar anak/keunikan anak.
  • Sentra memungkinkan anak bekerja mandiri, dalam kelompok kecil atau dalam posisi satu lawan satu dengan gurunya.
  • Sentra bisa mengakomodir berbagai kemampuan dan minat anak, karena anak bisa belajar sesuai dengan kecepatannya.
  • Kreatifitas, rasa ingin tahu dan sifat ingin mencoba bisa dikembangakan melalui sentra.
  • Sentra belajar mendorong anak untuk mandiri, mengambil keputusan dan menyelesaikan msalah.
  • Sentra belajar memungkinkan pemanfaatan waktu dan ruangan kelas serta materi yang paling efektif.
  • Sentra belajar memberikan kesempatan untuk adanya keanekaragaman dan fleksibelitas dalam hal materi dan kegiatan belajar.
  • dengan sentra belajar anak bisa mengulangi kegiatan untuk memperkuat ketrampilan atau untuk kesenangannya.
Di PAUD Yaa Bunayya Pekalongan ada 7 sentra dasar yang diterapkan, apa saja kegiatannya inilah sekilas gambarannya :
a. Sentra Kreasi/Sentra seni
Sentra kreasi/seni merupakan tempat yang penuh energi. Disentra ini biasanya merupakan tempat dimana anak-anak bermain kotor tapi anak-anak insya Allah akan segera belajar bahwa membeersihkan ruangan merupakan bagian dari tanggung jawab belajar di sentra ini. Kegiatan seni untuk anak lebih dipusatkan pada proses pembuatan bukan hasil.
Apa yang dipelajari disentra ini, melalui percobaan dengan berbagai media seni dan proses pembuatan berbagai karya seni, anak-anak belajar :
  • Untuk mengungkapkan ide dengan cara yang baru dan kreatif
  • Konsep bentuk, ukuran dan lokasi
  • Untuk membedakan bentuk dan menciptakan bentukbentuk
  • Mengenal nama-nama warna dan bagaimana membuat campuran warna baru
  • Untuk menguasai berbagai alat yang digunakan untuk membuat karya seni
  • Untuk membuat perencanaan akan membuat apa dan merealisasikannya bahwa ide itu sangat berharga.
b. Sentra Rancang Bangun/Balok
Balok sangat fleksibel dan memiliki anek guna, dengan bermain balok anak-anak bisa meningkatkan persepsi visual, koordinasi mata, tangan dan ketrampilan motoriknya. Yang dipelajari di sentra balok adalah :
  • Konsep bentuk, ukuran, panjang, loksai, ruangan dan sudut
  • Konsep keseimbangan dan gravitasi
  • Untuk menemukan dan mengulang pola
  • Untuk bekerjsama dengan teman
  • Untuk menyelesaikan masalah
  • Untuk membuat perencanaan dan melaksanakan rencananya
  • Untuk melihat konstruksi yang telah dibuat sebagai rekreasi
c. Sentra imajinasi/Bermain Peran
Anak-anak belajar disentra ini melalui bermain pura-pura. Anak-anak disentra ini kelihatannya hanya bersenang-senang tapi ada banyak hal yang dipelajari di sini. Ketika anak memainkan sebuah cerita, anak belajar untuk berbagai ide, membuat keputusan bersama, bekerjsama satu sama lain. Bermain drama juga memberikan kesempatan pada anak untuk bercakap-cakap dan meningkatkan perkembangan kognitifnya.
Apa yang dipelajari di sentra imajinasi/bermain peran, dengan mengambil berbagai peran dalam berbagai tema bermain peran, anak-anak belajar:
  • Luwes dalam berpikir
  • Untuk mengungkapkan diri dengan kalimat
  • Untuk bereksperiman berbagai peran orang dewasa
  • Untuk membayangkan kesulitan-kesulitan/resiko dalam bermain peran yang dimainkan tapi dalam setting yang aman.
  • Untuk mengatasi masalah dan mengatur berbagai hal
  • Untuk membuat keputusan
  • Berlatih dan berkompromi
  • Meningkatkan kemampuan improvisasi dan menggunakan berbagai benda secara simbolok yang mewakili hal lain. (mis. Sendok kayu menjadi raket).
  • Dapat melaksanakan ide dengan cara bekerjasama dengan teman.
d. Sentra Eksplorasi
Apa yang dipelajari di sentra eksplorasi, melalui pecobaan dengan berbagai alat di air dan pasir, anak-anak belajar :
  • Koordinasi mata dan tangan saat menuang
  • Bahwa sesuatu ada yang tenggelam dan ada juga yang mengambang
  • Konsep seperti basah, kering dan penguapan
  • Untuk membedakan, mengamati, mengukur, meramalkan dan penemuan-penemuan
  • Kapasitas relatif dari berbagai ukuran kontainer
  • Apa yang terjadi jika menambahkan benda lain, misal. Sabun atau pewarna makanan
  • Bagaimana bekerjsama atau bermain bersama dengan mainan yang sama
e. Sentra Ibadah
Apa yang diplejari di sentra ibadah, adalah sebagai berikut :
  • Pengembangan kemampuan dasar imtaq dan pembentukan karakter (akhlakul karimah) yang diintegrasikan kesemua sentra
  • Menanamkan kecintaan anak pada Allah melalui pembicaraan senang melakukan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya, sesuai dengan kemampuan anak
  • Mengerti dan bertingkah laku sesuai dengan poin sebelumnya sehingga terbentuklah anak-anak berkarakter.
f. Sentra Audio Visual
Dengan menggunakan komputer, tape recorder, dan TV dan VCD ana-anak akan belajar lewat alat-alat tersebut. Apa yang dipelajari di sentra ini, adalah sebagai berikut :
  • Mengenal komputer (hardware maupun sofwarenya)
  • Mengoprasikan mouse komputer dengan baik
  • Mengamati perbedaan dan persamaan
  • Konsep warna, bentuk
  • Mengagumi alam
  • Membedakan suara-suara alam
g. Sentra Persiapan/Matematika/Membaca dan menulis
Apa yang dipelajari di sentra Persiapan/Matematika/Membaca dan menulis, adalah sebagai berikut :
  • Mengamati kesamaan dan perbedaan benda
  • Konsep warna, bentuk dan ukuran
  • Konsep angka lebih dari dan kurang dari
  • Menyortir dan mengelompokkan sesuai dengan kesamaan ciri
  • Membuat pola
  • Menghitung dan korespodensi satu-satu
  • Konsep kelompok atau set
  • Berpikir logis
  • Mengungkapkan ide dalam bentuk kata dan tulisan
  • Membuat cerita
  • Memperoleh informasi dari buku
  • Menggunakan pengetahuan asosiasi huruf (membuat kalimat sederhana)
  • Mengetahui ada berbagai cara untuk menulis

CONTOH KONSEP PEMBELAJARAN DENGAN TEMA RUMAH
1. Sentra Ibadah
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang lingkungan rumah.
QS. Al Isro’: Katakanlah mohonlah kepada Allah atau kepada Arrahman.
Kegiatan Inti : 1. Mengenalkan ada bertamu, masuk masjid dan hadits Silaturrahim
2. Mengenalkan konse bilngan (hijaiyah) dengan benda atau gambar

2. Sentra Kreasi
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang guna/manfaat rumah
Kegiatan inti : Melipat, menempel, mewarnai, dan menghias rumah

3. Sentra Rancang Bangun
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang jenis rumah
Kegiatan inti : Membuat maket rumah
Membangun rumah dengan bentuk geometri atau balok

4. Sentra Persiapan
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang tata bagian rumah
Kegiatan inti : Mengelompokkan gambar rumah
Menghitung rumah berdasarkan ciri dan bentuk

5. Sentra Eksplorasi
Pengenalan : Cara pembuatan rumah
Kegiatan inti : Praktek langsung membuat rumah dari pasir atau tanah di halaman

6. Sentra Imajinasi
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang alat atau perkakas rumah
Kegiatan inti : Menata dan membersihkan ruangan dan melingkari gambar yang termasuk perkakas rumah tangga

7. Sentra Auvi
Pengenalan : Bercakap-cakap tentang macam-macam rumah dilihat dari bahan pembuatannya
Kegiatan inti : Menggambar rumah di Komputer atau melihat CD tentang bentuk/jenis rumah


HASIL BELAJAR
Anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan di PAUD Yaa Bunayya ini diharapkan memiliki kualifikasi sebagai berikut:
  1. Anak diharapkan memiliki dasar-dasar keimanan dan kecintaan pada Islam sebagai agama yang mengatur kehidupan di dunia menuju kebahagiaan di akhirat serta kecintaan kepada Nabi-Nabi-Nya.
  2. Anak dapat mengenal ajaran Islam, melalui aqidah Islam, akhlak, ibadah, do’a, asmaul husna, hafalan surat-surat pendek atau hadits, dan membaca huruf hija’iyyah.
  3. Anak diharapkan terbiasa bertingkah laku sesuai dengan ajaran Islam dalam aspek-aspek ibadah, akhlak, pergaulan, berpakaian, makanan, dan sebagainya.
  4. Anak memiliki kemampuan dasar untuk bersikap mandiri, disiplin berjiwa Islam, berfikir rasional.
  5. Anak memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan sesuatu kepada orang lain.
  6. Anak memiliki kesehatan jasmani yang memungkinkan ia dapat bergerak aktif.
  7. Anak mampu mengenal berbagai jenis benda-benda dilingkungan sekitarnya serta manfa’atnya.
  8. Anak memiliki ketrampilan berimajinasi dan berkreasi seuai dengan perkembangannya

1 komentar:

  1. ini blog yang saya cari selama ini.....kok ga dikelola pak...bapak kan banyak dikenal orang...kalo blognya dikelola dan dikunjungi banyak orang...jadi bisa share ma kita-kita kan pak...

    BalasHapus